Artis Ibukota

Sering ada sebuah iklan acara atau hajatan atau apalah, menampilkan “blah blah” (di mana “blah blah” ini adalah selebritis yang cukup dikenal, bisa penyanyi, bisa pelawak, bisa MC, atau emang sekedar pandai menjual diri) dan artis ibukota.hm.Ada yang bisa jelasin gak, ‘artis ibukota’ itu siapa?Apa ada sebuah klub, klan, paguyuban atau koperasi yang harus pake daftar-daftar dulu untuk jadi artis ibukota? Atau ini semacam PT yang merupakan perusahaan artist management untuk… artis ibukota. Gimana caranya seorang penyanyi dangdut kondang dari Jember bisa masuk dalam golongan ‘artis ibukota’ ini? Mungkin ada sebuah Badan Penilaian Artis Ibukota di bawah pemerintahan DKI Jakarta, yang bertugas memonitor segala aktivitas hiburan. Nanti badan ini akan mengumumkan sebuah daftar tahunan, artis-artis yang dianggap masuk ke golongan tersohor ‘artis ibukota’. Mungkin band-band besar kayak Ungu atau Samsons dianggap ga layak masuk ke daftar ini karena mereka malah seringnya manggung di kota lain selain ibukota (iya toh?), jadi ini lebih cocok buat yang memang konsentrasi di dunia hiburan Jakarta.Di sisi lain, artis ibukota kan sering disebut-sebut tuh… tapi kenapa gue nggak pernah ketemu seorang artispun yang menyebut dirinya ‘artis ibukota’? Apa malah ini sebuah perkumpulan rahasia, yang hanya diketahui namanya, tapi tidak diketahui anggota-anggotanya, macam Freemasons atau Illuminati? Mungkin tiap tahun si badan rahasia monitor hiburan Jakarta bertemu dan melakukan inisiasi pada artis-artis yang dianggap layak ke dalam perkumpulan ‘artis ibukota’. Hampir bisa dipastikan semua artis yang pernah menyentuh panggung mall lebih dari 5 kali pernah ikut dalam inisiasi ini – untuk memastikan mereka mematuhi segala aturan kelompok artis ibukota. Hm, mungkin karena itu di tiap mall hiburan-hiburannya sama-sama aja.Atau ya, Artis Ibukota adalah sebuah organisasi massa dengan sebuah agenda politik – gak jauh dari berbagai organisasi massa yang bercokol di Jakarta macam FPI, FBR dan perkumpulan akronim lain. Kita semua tau bahwa media adalah salah satu cara untuk mempengaruhi dan mengontrol masyarakat banyak – kenapa gak lewat acara hiburan? Udah pasti yang namanya Artis Ibukota mendapatkan perhatian lebih banyak ketimbang berbagai organisasi yang berusaha mencari perhatian dengan melakukan berbagai atraksi di Bunderan HI, sekitar Monas dan lokasi-lokasi lain. Lha wong masyarakan Jakarta itu maunya dihibur terus, carinya hiburan. Yang belom ketahuan adalah, organisasi Artis Ibukota ini (belum ada singkatan), agendanya apa ya?Atau Artis Ibukota bagian dari sebuah reality show yang besar, di mana para pesertanya wajib tampil di berbagai acara ibukota untuk penilaian umum? Yah kayak acara yang mencantumkan “Indonesian Idol” atau “KDI” atau “AFI” sebagai bintang tamu. Ini apa judul acara TV? Mungkin acaranya disiarkan di JakTV atau O Channel? Atau ada sebuah stasiun TV lokal yang kita masih belom nangkep di TV? Oooh, better yet, it’s so 21st century – it’s TV on the internet, macam Youtube atau IPTV gitu… mungkin ya…Nah coba aja search ‘Artis Ibukota’ pake Google atau Yahoo… hasilnya apa tuh? Makin bingung kan…

Tags: , ,

About barijoe

Failed Musician, Reformed Gadget Freak and Eating Extraordinaire.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: