Presiden Bukan Pesulap, Lho!

Jadi, ada sekelompok orang sedang menjalankan sebuah citizen lawsuit, terhadap SBY-JK, karena mereka dianggap tidak merealisasikan janji kampanye untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran.

Gue nggak ngebelain SBY-JK ya, cuma buat gue agak aneh. Setau gue, presiden bukan pesulap. Dia tuh orang yang kerjaannya harus ngatur-ngaturin orang (yang banyak juga nggak mau diatur) supaya rakyat satu negara bisa minimal hidup berbarengan. Ga usah makin sejahtera, ga usah hidup tenang, ga usahlah – hidup berbarengan aja susah, mana pake ada grup-grup yang maunya berantem melulu.

Lagian udah tau ekonomi lagi kacrut seluruh dunia – maunya Indonesia ga kacrut sendiri? Plis deh. Ntar ada argumen bahwa ‘kalo presidennya bener kerjanya, mestinya negaranya ga kacrut2 amat kok’. Yeah well gini. Lagi-lagi gue ga ngebelain SBY-JK, mereka ada positif dan negatif lah. Tapi ga tergantung mereka doang dong nasib negara kita, tergantung kita-kita juga lah.

Gugatan ini mirip dengan class-action lawsuit yang pernah diajukan oleh seseorang yang mengaku mewakili ‘generasi muda Indonesia’ terhadap semua perusahaan rokok se-Indonesia, dengan gugatan ‘merusak kesehatan generasi muda Indonesia’ dengan nilai ganti rugi Rp 1 bilyun. NGGAK PENTING.

Ini secara prinsip sama dengan satu hal lain… kalo pengen Jakarta bersih, jangan marah-marah ke pemerintah Jakarta doang, ya kitanya juga buang sampah yang bener! Tu puntung rokok jangan dibuang di mana aja terserah, dan melempar sampah keluar jendela mobil juga ga nyelesaiin apa-apa.

Presiden bukan pesulap yang bisa tiba-tiba membuat semua masalah menghilang, tapi kita pun harus berusaha – dengan skala kita masing-masing – untuk berusaha membuat Indonesia lebih baik.

About barijoe

Failed Musician, Reformed Gadget Freak and Eating Extraordinaire.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: