Tiba-tiba Kepikiran MLM

Hmmm… MLM.
Gue bukan penentang bisnis multi-level marketing, atau MLM. Beneran. Untuk berbagai produk dan bisnis, metode yang ditawarkan oleh MLM cocok, dan malah mungkin bisa lebih efektif di masa social networking dan peer reviews bisa lebih kuat ketimbang gelombang media dan iklan.

Tapi mohon maaf ya, kawan-kawan yang mungkin ikut semacam MLM, kenapa gue gak suka ya?
Mungkin karena setiap kali ada yang berusaha mengajak gue ikut program jenis MLM ini, selalu membicarakan ‘cari uang di waktu luang’, atau ‘dapat uang banyak’, atau ‘bikin jaringan luas’, dan lain-lain. Kata-kata kunci yang senang sekali didengar oleh orang Indonesia, yang mudah sekali teriming-iming. Tapi ga pernah ada yang ngomongin sebenernya dia jual produk apa. Kadang cuma sekilas. Wong gue pernah kok sampai ikut presentasi ke orang banyak gitu, dan ada beberapa orang maju ke depan dan berbicara, semua ngomong bahwa ‘dulu saya bla bla bla sekarang saya bla bla bla pesiar ke Eropa bla bla bla’ tapi gak ada yang jelasin produk yang dijual apa.

Bisa aja sih gue selama ini belum ketemu orang yang tepat, yang bisa meyakinkan gue. Tapi ya, gue kan cuma satu orang, dengan pendapat yang mungkin beda dengan orang kebanyakan.

Mungkin juga gara-gara ada orang yang ikut MLM begitu ketemu orang dikit – siapapun – pasti berusaha ngebujuk buat ikut juga, jadinya ada konotasi seperti itu, padahal harusnya gak gitu juga kan. Mungkin juga gara-gara berkali-kali gue denger orang lagi sales pitch program MLM dia, tapi dia ga terlalu menyentuh produknya sendiri, tapi lebih ke cari uang dan jaringan. Buat gue itu agak aneh, karena menurut gue seorang marketer bagus harus percaya pada produknya, terlepas dari sistem menjualnya lewat MLM atau cara lain. Kalau lu yakin produknya bagus dan bisa meyakinkan orang lain bahwa produknya bagus, orang itu minimal pasti terpikir juga kan untuk menginvestasikan uang atau waktu untuk produk itu, kalau ada kesempatan?

Biasanya abis ngomel gini gue kepatil – liat aja, kali-kali aja 2 bulan lagi gue lagi jualan MLM. He he. Tapi paling tidak, gue akan jualan produknya, bukan MLMnya aja.

About barijoe

Failed Musician, Reformed Gadget Freak and Eating Extraordinaire.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: