[Manic Monday] Perlukah Industri Musik ‘Disembuhkan’?

Dari satu aspek, memang musik seperti sedang porak-poranda. Sulit mencari toko CD atau kaset karena banyak yang sudah tutup. Ringbacktone, yang sempat menjadi andalan industri musik, sudah nyaris tak dipakai lagi. Toko-toko yang menjual file musik digital (seperti MP3) sudah berjalan beberapa tahun tapi tetap, belum terlihat minat pasar yang besar; penjualan lagu lewat  iTunes Indonesia sekalipun, menurut kabar, meskipun menunjukkan pertumbuhan yang pesat, masih belum memiliki dampak yang signifikan. Sementara itu, lagu-lagu yang sama bisa didapatkan bebas dari berbagai situs web, tanpa biaya, dan tanpa renumerasi ke pemilik rekaman suara.

Kalau dilihat hanya dari aspek tersebut, memang sepertinya musik sedang ‘sakit’ dan perlu ‘disembuhkan’. Tapi, sebenarnya sakitnya apa sih? Musik seperti sedang celaka dan perlu ‘diselamatkan’. Tapi apa yang perlu diselamatkan sebenarnya?

Kalau dilihat dari sisi lain, musik di Indonesia justru makin hidup. Bisa dibilang bahwa beberapa tahun terakhir, jumlah pertunjukan musik peningkat pesat, begitu pula perputaran uangnya, dan sudah sampai pada tahap musisi lokal pun dapat membuat pertunjukan berbayar (yang sebelumnya biasanya adalah pertunjukan gratis yang disponsori). Saya menduga bahwa konsumsi musik per kapita juga meningkat, terlepas dari soal sumbernya legal ataupun tidak. Jumlah radio pun bertahan dengan berbagai variasi dan segmen, sampai-sampai di Jakarta sudah tidak mungkin membuat stasiun radio lagi karena gelombang sudah penuh. Apakah hal-hal ini perlu disembuhkan? Apakah musik perlu diselamatkan?

Baca selanjutnya di Dailysocial.

 

About barijoe

Failed Musician, Reformed Gadget Freak and Eating Extraordinaire.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: