[Manic Monday] Masih Ingat Industri Konten “Lama”?

Satu hal yang tragis dalam kehidupan kita yang kian digital adalah, apapun yang muncul pada kita melalui sebuah ‘layar’ (bisa saja layar TV, komputer ataupun HP) muncul dalam hitungan detik, dan dapat dicari sesuai keinginan. Ada di internet, atau tidak ada sama sekali. Sama sekali tidak ada kondisi peralihan di internet – bahkan layanan yang masih di dalam tahap beta, ya sudah ada, dan Anda tidak akan melihat proses pembangunannya bila tidak melihat secara seksama. Meniru bahan dasarnya yang berupa byte, karena hanya kondisi ‘0’ dan ‘1’ berlaku. Nyala, atau mati. Dan dalam banyak kasus, baik, atau buruk. Di-‘Like’, atau tidak di-‘Like’.

Saya berasal dari generasi yang terburu-buru pulang supaya dapat nonton kartun sore di TV, ya karena tidak ada cara lain untuk menontonnya. Sabtu pagi adalah saat yang ditunggu-tunggu karena rentetan kartun yang dapat ditonton dari pagi sampai jam 10, dan sehari dua hari dalam seminggu ditunggu-tunggu karena penasaran episode apa yang akan disajikan serial TV favorit. Dan tentunya, menonton film adalah acara istimewa – semua orang nonton film baru pada saat yang kurang lebih sama, dan pasti akan menjadi topik pembicaraan di antara teman-teman.

Baca selanjutnya di Dailysocial.

About barijoe

Failed Musician, Reformed Gadget Freak and Eating Extraordinaire.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: