[Manic Monday] Aplikasi Chat Sebagai Platform Hiburan

Belakangan ini, layanan-layanan chat seperti KakaotalkLINEWechat, dan sebagainya sedang seolah-olah berperang dalam merebut perhatian pelanggan, dengan harapan mereka akan mengunduh dan menggunakan aplikasinya. Beberapa perusahaan sampai mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk menunjuk ambasador yang dikenal masyarakat dan memasang iklan pada jam tayang TV prime time. Berbagai fitur dikembangkan dan program promosi dijalankan – bahkan fitur seperti stiker mulai ditiru oleh aplikasi yang sebelumnya tidak memiliki layanan chat, contohnya Path.

Berkomunikasi melalu pesan singkat tentunya bukan hal baru, karena dari awal mulanya internet banyak digunakan, sudah ada wadah-wadah seperti mIRC, dan Yahoo! Messenger yang masih populer (tapi entah kenapa belum melangkah secara berarti dalam mobile messaging). Yahoo! Messenger lebih dahulu ada sesuatu yang sifatnya mirip stiker, yaitu Yahoo! Audibles, yang menurut saya sedikit lebih menarik karena menggabungkan kartun dan suara (tapi tentunya, mungkin terlalu berat untuk didistribusikan melalui jaringan selular).

Baca selanjutnya di Dailysocial.

About barijoe

Failed Musician, Reformed Gadget Freak and Eating Extraordinaire.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: